Monday, December 17, 2012

Panduan Lengkap Exoclick | Media Buy

Panduan Exoclick ini adalah posting pertama saya di blog saya yang ini. Buat yang ingin mendalami Media Buy di CPA, terutama untuk adult offer, hukumnya adalah wajib untuk mengetahui detail mengenai Ad Network yang satu ini. Nah, hari ini saya akan khusus membahas salah satu adserver yang paling uhuiii di jagad adult traffic : Exoclick.

Sistem kerja adult adserver macam ini, saya coba gambarkan secara mudah, adalah dengan memasang iklan di situs-situs adult. Situs2 itu mempunyai space iklan yang dikelola oleh pihak ketiga. Exoclick salah satunya. Tapi jangan berpikir pasang iklan itu seperti billboard besar di sepanjang jalan tol, iklan digital ini dijual per impresi - CPM (per 1000 kali dilihat orang) atau per klik - CPC. Di tahun 2011, Exoclick mempunyai total 1,7 milyar impresi setiap hari. Ini saatnya gua musti bilang WOW! Sambil koprol!

Exoclick didirikan tahun 2006 oleh Benjamin Fonze. Perusahaan yang berbasis di Barcelona ini mempunyai keunikan yang membuatnya menjadi salah satu menyedia traffic favorit saya. Yang jelas, selain opsi media buy di network, exoclick juga menyediakan opsi direct media buy. Dan yang paling menyenangkan, Exoclick menyediakan traffic dengan sangat murah, bisa sampai 0.05c atau bahkan kurang apabila running di RON traffic.

Pilihan ad format juga bisa beragam, dari Popunder, Banners, Instant Message, Interstitial, Direct Link, Mobile dan In-Video. Anda bisa memilih menggunakan CPM atau CPC. Exoclick juga mempunyai sistem yang mereka sebut Smart CPM, sebuah teknologi yang di klaim sebagai sistem bid yang akan negosiasi secara otomatis sehingga anda tidak tertinggal dari kompetitor. 

Begini penjelasan adformatnya :
  • Mobile Formats: 300x250, 300x100, 300x50, popups, redirections
  • In-Video Ads: Format: 300x250 banner (sebelum play video, pd saat video di pause dan sesudahnya); 468x60 banner or text ad (in stream)
  • Customized Text Ads: pilihan ini hanya untuk CPC. Pasang di 100x100 pixels thumbnail untuk dapat GCTR yg lebih tinggi :)
  • Display banners: Format: 468x60, 728x90, 300x250, 250x250, 120x600, 160x600, 300x600, 260x340. Tipe media: GIF, JPEG, HTML. Ukuran file: 50k
  • PopUnder: Full page. Muncul setelah visitor nge-klik dihalaman mana saja di website adult yg kita pilih. Muncul ketika visitor menutup browser di main page.
  • Interstitial: Seperti popunder, tetapi muncul setiap saat.
  • Instant Message: iklan model instant messenger chat box. Muncul di kanan bawah. Format: 250x150 maksimum. Tipe file: GIF, JPEG. Ukuran file: 50k
Memilih tayang iklan kita di RON (Run on Network) berarti iklan kita aka ditayangkan di website adult di networknya Exoclick. Kita tidak bisa memilih website mana mustinya iklan kita tayang. Tetapi dengan memilih Premium, kita bisa memilih website adult pilihan kita untuk memasang iklan. Saya strongly recommend yang Premium.

Memulai di Exoclick sangat mudah. Mereka memasang minimum deposit sebesar $200. Pembayaran bisa dilakukan via Paypal. Mulailah dengan memasang iklan dari biaya yang terendah. Masukkan 'creative' yang sudah dibuat untuk approval. Di weekend proses approval agak lambat, tetapi di weekdays bisa lebih cepat. Banner dan Landing Page yang dipakai bisa saja ngambil ide dari banner yang sudah ada melalui riset. Tetapi Exoclick tidak akan approve banner atau LP yang 'colongan'. Jadi pastikan semua creatives yang dipakai adalah unik.

Setelah semua banners dan LP siap, sekarang saatnya untuk men-submit. Navigasikan ke 'Marketplace' kemudian pilih website yang ada. Isi nama campaign nya dan pilih antara CPM atau CPC. Apabila anda ingin mengontrol ketat budget, pake CPC. Tetapi apabila anda menginginkan mendapatkan data yang lebih banyak dan lengkap, pakai CPM. Dengan CPM biasanya bisa dapat 3/4 traffic dari 24 jam user cap (batasan maksimal). 

Untuk yang pertama kali 'bermain' dengan exoclick, disarankan untuk nge-bid di kisaran minimum. Amati terus iklannya sampai mendapatkan traffic dan kemudian naikkan perlahan-lahan, kira-kira 2-3 sen setiap 30-60 menit sampai anda mendapatkan impresi traffic yang sesuai. Jangan lupa di set juga maksimal daily budgetnya. 

Karena kita tadi memulai dengan creatives berupa image banners, pilih 'Image Banner' dari drop down menu. Image banner adalah salah satu channel yang mempunyai tingkat exposure paling besar di website adult yang kita pilih. Selain itu, biasanya image banners tidak terlalu banyak aturan, soalnya ini 100% display banner. Anda juga bisa set up grouping untuk mengaturnya. Di kategori 'minimum prices' link, 'image banner' hanya akan dilabel 'banner' saja. Upload bannernya, tambahkan URL tracking link dan pastikan anda sudah set SubID untuk mengidentifikasi banner mana yang menghasilkan leads.

Apabila kita memilih untuk menayangkan iklan kita di RON traffic, interfacenya sama dengan'Market Place' tetapi kualitas traffic yang dihasilkan sangat berbeda. Pilih 'New Campaign' dan ikuti petunjuk yang ada didalamnya. Khusus untuk kategori, sesuaikan dengan image  yang dipakai. Misalnya anda memakai gambar 'mature woman', maka pilih kategori 'mature' atau 'amateur'. Apabila gambarnya BBW (Big Beautiful Women) maka pilih juga kategori BBW. Mikro targeting seperti ini akan meningkatkan kuaitas leads dan konversi secara keseluruhan. Jauh lebih baik dari pada 'select all categories'. Kalau offer kita adult, hindari kategori Entertaintment, Gambling, Games dan Torrents. well, anda bisa melakukan tes sendiri, tetapi paling nggak yang saya lakukan itu bisa memberikan gambaran.

Selanjutnya : pilih negara. Ingat untuk selalu lihat negara-negara yang diijinkan oleh offer sebelum memilih negara di Exoclick. setiap negara akan mempunya bid yang berbeda. Jadi penting untuk membuat campaign ini per-negara. Apabila anda mempromosikan mobile offer, silakan pilih 'Mobile', apabila tidak, pastikan anda memilih 'Web'. Setelah ini, lanjutkan dengan Konfigurasi harga, sites targeting dan upload marketing/creatives material yang semuanya sudah dijelaskan di atas. Selamat beriklan di EXOCLICK and get more $$$$$.

Tips : Jangan tergoda untuk mem-bid langsung dengan besaran yang sesuai pasar. Ambil bid yang terkecil dan kemudian naikkan bidnya pelan-pelan beberapa sen per 30 menit. Lakukan terus sampai mendapatkan impresi. Cara ini akan membuat anda mendapatkan impresi dibawah bid pasaran.

Sign Up Exoclick : http://www.exoclick.com/signup.php

14 comments:

  1. nice, gimana ya supaya pengunjung naik terus?

    ReplyDelete
  2. aku udah pasang tapi iklannya kog cuma muncul 1 hari aja ya kak ?

    ReplyDelete
  3. thanks infonya bro...
    jadi ada pencerahan, btw selain exoclick yang bid nya gede apa yah ?

    konakdiemdiem.com

    ReplyDelete
  4. If you are interested in generating cash from your websites or blogs by popunder advertisments, you should try one of the most established networks - Clickadu.

    ReplyDelete
  5. saya juga menggunakan exoclick di web adult http://tube666.us

    ReplyDelete


  6. People and bloggers are writing ad network review without using them. You can not know the real review or hoe they are

    working with publisher and about payment. Here I am writing honest clixsense review cause I am working with clixsense since

    last 3 year and I have very good experience about it.

    casestudy Here Exoclick

    ReplyDelete
  7. Do this hack to drop 2lb of fat in 8 hours

    Over 160k men and women are trying a simple and secret "liquid hack" to burn 1-2lbs every night while they sleep.

    It is very easy and it works on anybody.

    Here are the easy steps for this hack:

    1) Go get a drinking glass and fill it half the way

    2) Now use this weight losing HACK

    and you'll be 1-2lbs lighter in the morning!

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. untuk kalian yang main blog dan suka nuyul, silahkan kalian lihat disini https://bit.ly/2YZHCxr ada caranya dengan lengkap

    ReplyDelete