Wednesday, December 19, 2012

Kebijakan Baru Instagram Yang Kontroversial

Kebijakan baru Instagram yang akan mulai berlaku pada tanggal 16 Januari 2013 sangat mengecewakan penggunanya. Di dalam kebijakan baru nya, Instagram diperbolehkan untuk memakai foto yang di upload penggunanya untuk kepentingan bisnis Instagram, seperti pemakaian foto tersebut untuk kepentingan iklan.

Awal tahun ini, Instagram dibeli oleh Facebook dengan harga lebih kurang $1M, dalam kebijakan barunya, foto-foto yg diupload juga bisa dipakai oleh Facebook. 

Dalam rilisnya, bahkan National Geographic memutuskan untuk berhenti memposting gambar di Instagram dikarenakan kebijakan baru ini. National Geographic mempunyai 640.000 lebih followers di Instagram. Mengingat reputasinya, keputusan @NatGeo untuk tidak berhubungan dengan Instagram sangat dimaklumi oleh berbagai pihak.

Pengguna Twitter banyak yang protes dengan kebijakan ini. Akun @YourAnonNews yang sering dihubungkan dengan komunitas hackers dunia Anonymous menyerukan un-install Instagram di smart phones. Harstag #BoycottInstagram juga menjadi trending topic dalam beberapa hari terakhir ini.

Berikut cuplikan kebijakan baru Instagram yang menjadi kontroversi :


Biarpun demikian, CEO Instagram Kevin Systrom menyatakan Instagram tidak pernah mempunyai maksud untuk menjual photo-photo penggunanya.

No comments:

Post a Comment