Thursday, July 12, 2012

Membuat Espresso Yang Tepat




Membuat espresso yang tepat ternyata tidak sesusah yang dibayangkan. Buat saya, sayangnya, espresso bukan jenis kopi yang bisa dibuat di rumah. To make a perfect espresso, it needs a coffee machine. The good one.

Espresso berarti kopi pekat hitam yang disajikan di gelas 1-2oz (1oz= 30ml). Di buat dengan air panas 192F-204F, sangat high pressure, menggunakan 6.5-7 gram kopi terbaik. Brewing terbaik didapat pada kisaran waktu 25-30 detik.

Hasil brewing yang tepat akan menghasilkan crema (layer paling atas di espresso) yang berwarna golden dark. Atau bisa juga berwarna hazelnut, darkbrown atau reddish reflection. Crema ini adalah salah satu indikator espresso, baik double atau single, apakah secangkir espresso dibuat dengan benar. Warna yg pas dan tidak ada bubble adalah persyaratan mutlak, selain crema tidak boleh pecah pada saat espresso diangkat dan dimiringkan.

Setelah creama, hal lain yang penting adalah Taste (rasa) dan Tactile (struktur). Rasa espresso merupakan perpaduan harmoni antara sweetness (manis), acidic (asam) dan bitter (pahit). sedangkan tactile terdiri dari body, round dan smoothness. 

Cara menikmati espresso? Hhmmmm..espresso buat saya adalah lambang kesederhaan sekaligus keangkuhan dalam sebuah cangkir kopi. Cara minumnya : angkat cangkir dan saucernya, rasakan aromanya (dan panasnya) kemudian minum dalam 3-4 seruputan. Kalau saya minum espresso selalu tanpa gula. Sensasi pahit dan asam, kemudian beberapa saat akan terasa manis di dalam mulut sangatlah luar biasa. Walaupun begitu, terkadang, orang Italia malah minum espresso pake gula. Boleh saja, lha cangkir-cangkirnya dia ini :)

Selamat menikmati espresso!

Baca juga :
Pengalaman saya menjadi Juri di International Open Barista Champhionship 2012 

No comments:

Post a Comment