Thursday, May 6, 2010
Trully Restoran Malaysia!
Ini benar-benar mengejutkan. Restoran Malaysia dengan makanan Malaysia (karena banyak restoran Indonesia yang tidak memunculkan citarasa masakan asli Indonesia) ada di Taipei! Liat bentuk tulisan 'Malaysia'nya, persis sama dengan font Malaysia Truly Asia.
Bentuk promosi pariwisata model ini sudah sangat melegenda. Promosi pariwisata Thailand sudah lama selalu menyertakan Tom Yang Kung sebagai menu andalannya. Bahkan konon, karena pemerintah Thailand begitu aware dengan betapa pentingnya promosi melalui swasta (yg mempromosikan produk), setiap restoran khas Thailand yang akan buka di negara lain selalu mendapatkan support dari kedutaan besar Thailand di negara tersebut berkaitan dengan bahan baku autentiknya. Jadi menjamurlah retoran Thailand.
Bersyukurlah Indonesia mempunyai restoran Padang. Teman saya pernah bergurau, kalau turis belum ke Bali brarti belum lengkap, begitu juga kalau belum makan masakan Padang, itu juga belum dianggap sudah sah ke Indonesia. Hehe..saya terkekeh mendengarnya tetapi sangat setuju dengan pemikirannya.
Masakan, restoran, spa, atau hal lain yg mudah sekali di buzz marketingkan adalah pekerjaan sektor swasta. Tidak ada satupun yg dikerjakan pemerintah akan berbuah semanis apabila swasta yg mengerjakan. Oleh karena itu, di sektor pariwisata, pemerintah hanya berperan mempromosikan destinasi. Produk selamanya akan menjadi domain swasta. Jangan sampai tumpang tindih. Awas.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment